Permainan Lompat Tali Karet di Kelas 1

Pagi ini, Rabu 22 November 2017, siswa-siswi kelas 1 SDN Menteng melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan permainan lompat tali sebagai pelaksanaan dari pembelajaran 2, subtema 3, pada tema Keluargaku. Keceriaan dan rasa antusias terlihat dari raut wajah siswa-siswi yang berumur 6 sampai 7 tahun tersebut.

Permainan sapintrong migoel sdn menteng bogor

Permainan lompat tali ini menggunakan alat yang sederhana yaitu karet gelang yang di susun menjadi sebuah tali panjang. Permainan ini sedikitnya bisa dimainkan oleh tiga orang siswa, dengan dua teman bertugas memegang tali karet, sedangkan siswa lainnya bergantian lompat di atas tali. Jika ada kaki siswa tersangkut tali karet saat mencoba melompat, maka siswa tersebut harus berganti jaga memegang karet.

Di tengah asyiknya permainan, Lia Yulia Saparti, S.Pd. selaku guru kelas 1 melontarkan beberapa pertanyaan ringan.

“Apa nama permainan lompat tali ini di daerah kalian?” ucap Ibu Lia.

Migoel Bu...!!” sahut siswa kompak.

“Kalau di daerah Ibu lahir, di Bandung, permainan ini namanya Sapintrong. Sedangkan kalau di daerah Tasikmalaya nama permainan ini adalah Guwer timbal Ibu Lia.

permainan lompat tali kelas 1 sdn menteng

Selain untuk mengenalkan permainan tradisional yang mulai tergerus zaman, kegiatan ini juga untuk membentuk sikap siswa dalam bersosialisasi dan bekerja sama, serta melatih ketangkasan dan motorik siswa kelas 1. Di samping itu, pembelajaran ini juga dapat menambah wawasan siswa tentang nama daerah permainan ini di berbagai wilayah.

Setelah selesai bermain lompat tali di halaman sekolah, siswa-siswi masuk kembali ke dalam ruang kelas untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran.

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi pembelajaran dan permainan lompat tali hari ini.

lompat tali sdn menteng bogor 1

lompat tali sdn menteng bogor 2

lompat tali sdn menteng bogor 3

Berikutnya
Ini adalah halaman terbaru saat ini
    Komentar Facebook
    Komentar Blogger

0 komentar:

Posting Komentar